Blue Fire Pointer Apa Itu Kelas Maya ~ Inspiration Blog

Kamis, 01 Desember 2016

Apa Itu Kelas Maya

Pengertian Kelas Maya dan Manfaatnya - Pembelajaran dengan menggunakan kelas maya (cyber class) adalah suatu upaya untuk mendorong pembelajaran yang dilaksanakan kapan saja dan di mana saja. Pembelajaran dalam kelas maya bukanlah mengganti sistem belajar saling bertatap muka yg dilaksanakan dengan guru-guru dikelas.

Akan tetapi, dengan menggunakan kelas maya siswa akan mendapatkan tambahan atau pengayaan (enrichment) materi yang dapat melengkapi kegiatan belajar konvensional. Dengan model pembelajaran seperti ini, siswa akan didorong untuk lebih aktif dan juga kreatif.

Aktif dan kreatif mengandung pengertian bahwa dalam kelas maya diharapkan seorang murid mampu untuk mencari, membaca, dan mendalami beberapa materi dari berbagai sumber belajar digital. Di samping itu, siswa mampu untuk menyimpulkan, membuat, dan berbagi ilmu pengetahuan yang sudah di ketahuinya ataupun hasil karya yang di buat untuk teman-temannya.

Seorang siswa juga di harapkan dapat berdiskusi & bersama-sama dalam kelompok secara virtual. 

Manfaat Kelas Maya


Setidaknya ada 5 Manfaat kelas maya dibandingkan dengan kelas konvensional.
a. Konektivitas - akses pada berbagai ragam informasi ‘tersedia’ dalam skala global.
Selama Kamu menggunakan koneksi internet, Kamu dapat mendapatkan informasi apapun yg tersedia dalam world wide web (www). Dalam mencari informasi, Kamu tidak akan kesulitan berkat bantuan aplikasi mesin pencari seperti Google, Bing dan Yahoo.
b. Fleksibilitas – belajar dapat dilaksanakan di mana saja dan kapan saja.
Dengan cara belajar yang terjadwal dalam kelas yang Kamu lakukan selama ini (kelas konvensional), guru merupakan sumber belajar utama bagi Kamu. Akan tapi dengan kelas konvensional yg diperkaya dgn TIK, kamu juga memiliki kebebasan dalam memastikan saat yang tepat kapan kamu belajar dan tempat belajar, selama kamu dapat menggunakan komputer & terhubung internet.

c. Interaksi – evaluasi belajar bisa dilaksanakan seketika & mandiri.
Dgn menggunakan TIK, Kamu dapat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, menjawab beberapa pertanyaan, ataupun mengerjakan ujian dimanapun dan kapanpun kamu inginkan. Dalam beberapa model ujian, kamu bisa memperoleh hasil penilaian ataupun umpan balik dengan cara otomatis, maka kamu tak perlu menunggu lama untuk mengetahui hasil penilaian ujian Kamu.

d. Kolaborasi – pemakaian perangkat diskusi bisa mensupport pembelajaran kolaborasi di luar ruang kelas.
Dgn menggunakan internet, Kamu sudah berada dalam sebuah jaringan yang luas. Oleh dikarenakan itu, dgn memakai perangkat diskusi lewat internet, Kamu bisa berkomunikasi, berdiskusi, bertukar ide, baik mengenai suatu gagasan, permasalahan, ataupun solusi dengan teman atau guru kamu. Dengan perangkat ini Kamu bisa juga membuat grup belajar. Dalam group ini kamu bisa berbagi rencana ataupun sumber belajar antar teman.

e. Kesempatan Pengembangan – konten digital bisa terus-menerus dikembangkan maka dapat memperkaya pembelajaran dalam kelas konvensional.
Dalam kelas konvensional, Kamu dan guru harus berada dalam tempat yang sama. Akan tetapi dgn menggunakan TIK, guru kamu akan memberikan instruksi dari ruang tertentu dan kamu akan terus mengikuti instruksi guru kamu tersebut meskipun antara kamu dan guru berada di tempat yg berbeda.

Dengan kata lain, e-learning bisa berfungsi sebagai berikut:
a. Penambahan/pengayaan pembelajaran (supplement),
b. Pengganti sebagian pembelajaran (complement), atau
c. Pengganti seluruh pembelajaran (replacement)

Komponen pendukung kelas maya

a. Perangkat keras (hardware): komputer, netbook, notebook, ataupun tablet.
b. Perangkat lunak (software): Learning Management System (LMS), Learning Content Management System (LCMS), Social Learning Network (SLN).
c. Infrastruktur : Jaringan intranet ataupun internet. baca pengertian internet dan intranet.
d. Konten pembelajaran.
e. Strategi interaksi/komunikasi pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran.

0 komentar:

Posting Komentar